Infokeren.id, Sinetron Dunia Terbalik RCTI disebut-sebut sebagai sinetron komedi dengan rating paling tinggi. Sejauh ini, sinetron Dunia Terbalik nyaris tidak menonjolkan masalah, permusuhan dan hal-hal buruk yang biasa ada di sinetron.

Dunia Terbalik sangat disukai pemirsa karena lebih menonjolkan unsur komedi, kesederhanaan, perdamaian, kebersamaan, nilai hidup dan keramah tamahan penduduk perdesaan.

Baca juga: Dunia Terbalik Menjadi Titik Balik Diantara Keringnya Tuntunan Sebuah Tontonan

Namun di beberapa episode terakhir hingga tulisan ini dipublish, sinetron Dunia Terbalik mulai menunjukkan masalah di mana-mana. Kehidupan warga Ciraos dan Cidahu yang semula aman, damai dan tentram kini mulai memasuki babak penuh konflik.

Siapa saja tokoh sinetron Dunia Terbalik yang sedang dilanda masalah?

  1. Bu Guru Yola

Bu Guru Yola memang sudah agak lama mengalami masalah. Masalah Bu Guru Yola adalah dijauhi oleh Jenifer dan Idoy. Jenifer menjauhi Bu Guru Yola karena ketahuan berpura-pura bodoh, padahal sebetulnya Jenifer memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Sementara Idoy menjauhi Bu Guru Yola karena terpengaruh oleh anaknya, Jenifer.

Menghadapi masalah ini, Bu Guru Yola hampir menyerah dan akan mengundurkan diri dari Ciaros. Untung dokter Clara berhasil meyakinkan Bu Guru Yola untuk tetap mengabdi di Ciraos.

  1. Jenifer dan Idoy

Sejak ketahuan berpura-pura bodoh oleh Bu Yola, Jenifer jarang keluar rumah. Dia juga tidak mau pergi ke sekolah. Bahkan Jenifer mempengaruhi Idoy untuk pindah dari Ciraos.

Sementara Idoy menghadapi dua pilihan yang sama-sama berat. Di satu sisi dia sayang sama anaknya, di sisi lain dia juga tidak mau berpisah dari sahabatnya, Akum.

  1. Febri

Febri sudah mulai terpengaruh oleh temannya yang sering membicarakan nikah dan bekerja ke luar negeri. Febri mulai pesimis dan menganggap sekolah tinggi itu tidak penting.

  1. Ujang (Pak Kamtib)

Ujang menjadi tinggi hati setelah diangkat jadi Kepala Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Ciraos oleh Ustadz RW. Dia lupa diri karena jabatan tersebut. Akhirnya Ustadz RW mencopot Ujang dari jabatannya sebagai Kamtib. Sejak itu, Ujang sering melamun dan mengurung diri.

  1. Aa Sobri dan Dedeh Cantik
Sobri pemain sinetron dunia terbalik
Pemeran Sobri Dunia Terbalik via https://www.instagram.com/diazardiawan/

Sobri awalnya sudah optimis akan lulus tes menjadi pegawai tetap. Dia sudah menyampaikan kabar bahagia itu kepada Dedeh. Mereka berdua sudah berharap banyak, Sobri lulus tes.

Sobri dan Dedeh sepertinya sudah tak sabar menunggu hari pernikahan. Bahkan Dedeh sudah memilih model gaun pengantin dari sebuah majalah. Namun harapan Dedeh sirna setelah mendengar kabar dari Sobri kalau Sobri tidak lulus tes penerimaan pegawai tetap.

  1. Dadang

Dadang, orang paling kaya di Ciraos tak luput dari masalah. Masalah pertama adalah sikap anaknya yang berubah menjadi dermawan. Bagi Dadang, kedermawanan anaknya adalah masalah.

Masalah kedua, adanya kabar dari Akum bahwa mertuanya akan pindah ke Ciraos. Dadang tidak mau mertuanya terpengaruh oleh Aceng sehingga dia langsung mengunjungi rumah mertuanya untuk menghentikan rencana kepindahannya ke Ciraos.

  1. Tuti

Tuti, gadis ceria dan gaul sedang menghadapi masalah dengan Cucu. Hubungan Tuti dan Cucu kurang baik karena Tuti tidak terima disebut sebagai tukang ketik oleh Cucu.

  1. Cucu

Selain sedang menghadapi masalah dengan Tuti, Cucu juga sedang menghadapi masalah lain yaitu ada TKW yang kabur dan masalah dengan Bagja.

  1. Bagja

Bagja, pemuda Cidahu yang berhasil mempersatukan 3 tokoh Cidahu; Mang Dasep, Mang Badrun dan Mang Jubed terpaksa harus berhadapan dengan ketiga tokoh tersebut karena ulahnya yang gegabah.

Masalah Bagja datang setelah dirinya bertemu Cucu. Tujuan Bagja sendiri sebetulnya baik, ingin menjodohkan Mang Jubed dengan Cucu namun sayang Bagja tidak terbuka dari awal.

Pembicaraannya direkam oleh Cucu dan rekaman itu berhenti sebelum dia mengutarakan maksud yang sebenarnya.

Bagaimana tokoh-tokoh sinetron Dunia Terbalik menyelesaikan masalahnya? Kita tunggu saja episode berikutnya. Semoga kita dapat menemukan hikmah dari setiap adegan dan dialog sinetron yang satu ini.

BAGIKAN
Husni Cahya Gumilar
Pendiri & CEO INFOKEREN.ID, sebuah media online edukatif di Indonesia.