InfoKeren.id, Tempat wisata di Garut terkenal ke luar kota di seluruh penjuru Indonesia bahkan sampai ke mancanegara. Apa sebabnya? Lantaran Garut memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Garut punya segalanya, tempat wisata di Garut tersedia mulai dari nol mdpl hingga ribuan mdpl.

Garut merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat. Ujung selatan kabupaten Garut berbatasan langsung dengan pantai selatan sehingga kabupaten yang dijuluki kota INTAN ini menawarkan banyak pilihan wisata pantai nan eksotis.

Kontur alam kabupaten ini didominasi oleh perbukitan dan pegunungan. Gunung populer dan tertinggi di Garut di antaranya gunung Cikuray, gunung Papandayan dan gunung Guntur.

Garut juga kaya akan panas bumi, tak heran bila di Garut banyak tempat pemandian air panas alami seperti yang terdapat di kawasan Cipanas dan Darajat.

Selain menyuguhkan panorama alam yang memanjakan mata, Garut juga memiliki aneka kuliner dan produk khas. Sebut saja dodol Garut dan jaket kulit Sukaregang yang sudah mendunia. Oleh karena itu, tak lengkap bila setelah menjelajah tempat wisata di Garut, kamu tidak menyempatkan diri membeli oleh-oleh khas Garut.

Kamu pasti sudah tak sabar ingin segera liburan ke Garut bukan? Sebelum pergi berlibur, sebaiknya simak dulu ulasan singkat tentang daftar tempat wisata di Garut berikut ini.

7 Tempat wisata di Garut untuk liburan keluarga

1. Pemandian Air Panas Cipanas

Pemandian Cipanas Tempat Wisata di Garut
Pemandian air panas Cipanas Garut via IG @ramadunam_

Pemandian air panas Cipanas terletak di daerah Cipanas, Tarogong. Dari arah Bandung, sebelum alun-alun Tarogong Garut belok kanan. Di daerah ini banyak kolam pemandian air panas dan penginapan kelas melati hingga hotel berbintang.

Objek wisata di Garut ini merupakan destinasi favorit keluarga. Wisatawan yang datang tidak hanya dari dalam kota, namun banyak pula wisatawan luar kota yang sengaja datang untuk berenang dan berendam di air panas alami.

2. Puncak Darajat

Puncak Darajat Tempat Wisata di Garut
Puncak Darajat Garut via IG @kikie_mr

Puncak Darajat adalah tempat wisata di Garut yang mirip dengan Cipanas, yakni menawarkan pemandian air panas dari perut bumi. Bedanya Cipanas berada dekat kota sedangkan Darajat berada di dataran tinggi Samarang.

Hawa dingin di Puncak Darajat berpadu dengan suasana air kolam yang panas ditambah dengan view gunung Cikuray membuat liburan sangat menyenangkan.

Salah satu waterpark & cottage yang populer di kawasan Darajat adalah Awit Sinar Alam Darajat. Awit menyediakan kolam renang air panas, wahana permainan anak-anak serta penginapan yang nyaman dan asri.

3. Situ Bagendit

Situ Bagendit Tempat Wisata di Garut
Situ Bagendit Garut via IG @iyoskusuma

Situ Bagendit terletak di Banyuresmi. Dari arah Bandung, di pertigaan alun-alun Tarogong belok kiri lalu belok kiri lagi di pertigaan sebelum terminal Guntur.

Situ Bagendit termasuk objek wisata untuk liburan keluarga. Di sini pengunjung bisa berlayar ke tengah danau menggunakan perahu rakit. Fasilitas pendukung pun sudah terbilang lengkap.

4. Situ dan Candi Cangkuang

Situ Cangkuang Tempat Wisata di Garut
Citu Sangkuang Leles, Garut via IG @wildanultaufik

Situ Cangkuang dan Candi Cangkuang terletak di Kecamatan Leles, Garut. Tempat ini menawarkan dua spot sekaligus, yaitu situ (danau) dan candi. Selain dua spot tadi, kamu juga bisa sekalian mengunjungi kampung adat, Kampung Pulo yang berlokasi tak jauh dari Situ Cangkuang.

5. Kebun Binatang Cikembulan

Kebun Binatang Cikembulan tempat wisata di Garut
Taman Satwa Cikembulan, Garut via IG @bonanrais

Kebun Binatang Cikembulan atau sering disebut juga Taman Satwa Cikembulan terletak di Kecamatan Kadungora, Garut. Objek wisata keluarga ini merupakan taman satwa satu-satunya di Garut dengan koleksi binatang cukup lengkap. Di sini kamu bisa melihat satwa-satwa langka dari jarak dekat.

6. Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa Tempat wisata di Garut
Kebun Mawar Situhapa via IG @kartikadewilestari_

Kebun Mawar Situhapa Garut adalah penginapan yang bernuansa tenang yang menyuguhkan pemandangan indah dengan hamparan bunga. Objek wisata ini terletak di Jl. Raya Kamojang KM. 5, Samarang, Sukakarya, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44161, Indonesia.

7. Kampung Sampireun

Kampung Sampireun tempat wisata di Garut
Kampung Sampireun via IG @danihardiansah

Kampung Sampireun merupakan tempat penginapan di Garut dengan desain tradisional khas Sunda dan alami banget.Tempat wisata di Garut sudah populer dan banyak dikunjungi wisatawan luar kota. Di tempat ini tersedia cottage-cottage dengan bilik bambu, aula, resto, kolam, sampan dan fasilitas-fasilitas lainnya.

 

7 Wisata Pantai di Garut

1. Pantai Santolo

Pantai Santolo tempat wisata di Garut
Pantai Santolo Pameungpeuk via IG @lasmi_ngpuri

Pantai Santolo terletak di Pameungpeuk, Garut bagian selatan, lokasinya tidak jauh dari Pantai Sayang Heulang. Tempat wisata di Garut ini memiliki pulau kecil yang disebut Santolo. Pengunjung yang ingin menyeberang ke Santolo harus menyeberangi muara sungai dengan menggunakan perahu nelayan.

Fasilitas wisata di pantai Santolo sudah cukup lengkap, terdapat warung-warung makan, penginapan, WC umum, TPI dan lain-lain. Kegiatan wisata yang bisa dilakukan, selain bermain air dan pasir pantai, bagi yang suka tantangan bisa naik banana boat ke tengah laut.

2. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang Tempat Wisata di Garut
Pantai Sayang Heulang via IG @alvin_chipmunkzz

Pantai Sayang heulang lokasinya bersebelahan dengan pantai Santolo, lebih tepatnya sebelum pantai Santolo (dari arah Garut). Perjalanan dari kota Garut sendiri membutuhkan waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam berkendara.

Pantai Sayang Heulang memiliki keunikan tersendiri, di mana di situ terdapat hamparan karang puluhan meter ke lepas pantai. Di pinggir pantai terdapat pohon-pohon rindang sehingga bisa digunakan untuk berteduh dari teriknya matahari. Di sini juga sudah terdapat penginapan yang cukup nyaman.

3. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya Bungbulang Tempat Wisata di Garut
Pantai Rancabuaya Bungbulang via IG @fathin.haris

Pantai Rancabuaya berlokasi di Bungbulang, Garut selatan. Perjalanan menuju tempat wisata di Garut yang satu ini memang cukup melelahkan, namun jangan khawatir karena suguhan panorama alam di pantai ini akan membuat rasa lelah kamu hilang.

Sedikit berbeda dengan pantai Santolo, Rancabuaya di tepi pantainya banyak batu-batu karang yang terlihat unik dan sedap dipandang mata.

4. Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha Tempat Wisata di Garut
Pantai Puncak Guha via IG @hendri_alfa3

Pantai Puncak Guha terletak di Sinarjaya, Bungbulang. Perjalanan dari kota Garut searah dengan pantai Rancabuaya dan pantai Cicalobak. View tempat wisata di Garut selatan ini keren banget, mirip pantai di Bali.

Di pantai ini terdapat bukit yang menjorok ke laut (tanjung) dengan terowongan (guha/ gua) di bawahnya. Terowongan tempat bermukim ribuan kelelawar. Kamu bisa datang dan mendirikan tenda di sini atau sekadar mampir beristirahat tanpa keluar banyak uang.

Menikmati udara pantai dengan ketinggian menjadikan suasan baru terasa berbeda. Hembusan angin yang segar dengan panorama alam yang ditawarkan sejauh mata mamandang mampu membius setiap pengunjung yang datang.

5. Pantai Manalusu

Pantai Manalusu Tempat Wisata di Garut
Pantai Manalusu via IG @hardismuslim93

Pantai Manalusu atau sering disebut juga taman Manalusu terletak di jalur lintas selatan, berjarak kurang lebih 12 km dari pantai Santolo. Taman Manalusu terletak di tengah perjalanan Santolo-Rancabuaya, ditandai dengan sebuah gapura putih yang dulu menopang plang tanda masuk.

Pantai Taman Manalusu menawarkan panorama pantai yang alami dan asri. Tempat wisata di Garut ini belum banyak dikunjungi wisatawan karena belum diekspos, sehingga bisa dibilang pantai ini masih perawan dan terjaga.

6. Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranye tempat wisata di Garut
Pantai Karang Paranje via IG @anifmusafak

Pantai Karang Paranje sangat cocok untuk menikmati sunset yang indah. Adapun lokasi tempat wisata di Garut ini berada di Kecamatan Cibalong. Pantai Karang Paranje memiliki keunikan berupa adanya gugusan karang di sepanjang pantainya.

Ombaknya besar menumbuk karang. Sebelum mencapai bibir pantai, kita menyusuri sungai yang bermuara di pantai Karang Paranje, sehingga terdapat daerah air yang cukup tenang sebelum bercampur dengan deburan ombak laut selatan.

7. Pantai Cicalobak

Pantai Cicalobak Tempat Wisata di Garut
Pantai Cicalobak via IG @iwansetiaonebudhi

Pantai Cicalobak terletak di Karangwangi, Kecamatan Depok, masih sejalur dengan Pantai Rancabuaya. Pantai ini menyuguhkan view yang sangat indah, namun fasilitas penunjang wisatanya masih terbatas.

Ombaknya ganas, pemandangan di sini tidak kalah oleh pantai di Bali. Pantai, sungaisawah, nyiur lengkap lah sudah keindahan laut selatan.

 

7 Tempat wisata di Garut Untuk Penggemar Tantangan

1. Gunung Cikuray

Puncak Gunung Cikuray tempat wisata di Garut
View dari puncak gunung Cikuray via IG @masitoh19

Gunung Cikuray merupakan gunung tertinggi di Garut, yakni 2.821 meter di atas permukaan laut. Cikuray dapat dijangkau dari beberapa tiga jalur pendakian, yaitu jalur pemancar Cilawu, jalur Bayongbong dan Cikajang. Masing-masing jalur memiliki keunikan tersendiri.

View dari atas puncak gunung Cikuray keren banget lho. Hamparan awan putih, gunung-gunung dan garis pantai selatan bisa kita lihat dengan cukup jelas dari puncak gunung ini.

2. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan tempat wisata di Garut
View kawah Papandayan via IG @riyeong9

Pendaki mana yang tidak tahu gunung Papandayan? tempat wisata di Garut ini memang sudah terkenal ke berbagai pelosok negeri. Keindahan yang disuguhkannya mampu menarik minat para pendaki maupun wisatawan biasa untuk menginjakkan kaki di tatar Sunda.

Di Papandayan terdapat banyak spot yang bisa dijelajah, misalnya camping ground Nangklak, kawah Papandayan, hutan mati, pondok saladah, tegal alun dan tegal panjang. Jalur pendakian gunung Papandayan cukup landai dan bersahabat dengan pendaki pemula.

3. Gunung Guntur

Gunung Guntur Tempat wisata di Garut
Gunung Guntur via IG @dicto12

Gunung Guntur kecil-kecil cabe rawit. Ketinggiannya hanya 2.249 mdpl, tapi treknya itu lho, bebatuan dan pasir. Ditambah lagi dengan udara panas dan gersang, membuat perjuangan mencapai puncak Guntur terasa lebih berat dari gunung Cikuray.

Gunung Guntur berda di Tarogong. Dari arah Bandung, berhenti di Tanjung lalu naik ojeg atau jalan kaki melewati Curug Citiis. Waktu yang tepat untuk muncak adalah malam hari sebab di siang hari akan sangat melelahkan.

4. Sungai Cimanuk

Arung jeram Cimanuk tempat wisata di Garut
Arung jeram Cimanuk via IG @ulfawidyaaa

Sungai Cimanuk merupakan sungai terbesar dan terpanjang di Garut. Bagi kalangan tertentu, sungai ini sering dijadikan objek wisata menantang di Garut. Kegiatan wisata outdoor di sungai Cimanuk adalah arung jeram dan river boarding.

Untuk mencoba keseruan dan sensasi mengarungi jeram-jeram di sungai Cimanuk, kamu bisa menghubungi komunitas pecinta alam atau agen wisata Garut.

5. Sungai Cikaengan

River boarding & tubing Cikaengan Banjarwangi tempat wisata di garut
River boarding & tubing Cikaengan Banjarwangi

Hulu sungi Cikaengan berada di Kecamatan Banjarwangi, Garut dan bermuara di pantai selatan. Oleh pemuda setempat yang tergabung dalam komunitas Jamparing, sungai ini dikembangkan menjadi tempat wisata river boarding dan tubing di Garut.

Mengarungi sungai Cikaengan dengan papan selancar dan ban dalam mobil sensasinya luar biasa. Pemandangan hijau khas pedesaan dan udara sejuk dapat membuat beban pikiran hilang seketika.

Selain river boarding dan tubing Cikaengan, di Banjarwangi juga terdapat ojek wisata Curug Ngebul. Tak jauh dari situ, juga terdapat gua peninggalan zaman Belanda bernama gua Cibongas.

6. Batu Tumpang

Panjat tebing batu tumpang tempat wisata di Garut
Rock climbing Batu Tumpang Cikajang via IG @tiaramarlia

Batu Tumpang disebut-sebut sebagai Puncak-nya Garut. Hawa sejuk dan view perkebunan teh membuat kita betah berada di tempat yang satu ini. Batu Tumpang kerap dijadikan tempat berlatih panjat tebing oleh para penggiat alam bebas.

Ingin mencoba sensasi panjat tebing di wall alami? datanglah ke Batu Tumpang Cikajang.

7. Gua Cibongas

Gua Cibongas tempat wisata di Garut
Gua Cibongas Singajaya

Gua Cibongas terletak di Sukawangi, Kecamatan Singajaya. Gua ini merupakan gua peninggalan zaman Belanda yang menyimpan segudang sejarah. Yang menarik, di gua ini kamu bisa mencoba rappeling setinggi kurang lebih 10 meter ke dalam gua.

Tempat wisata di Garut yang satu ini belum dikembangkan secara maksimal, keterbatasan alat menjadi kendala yang dihadapi warga saat ini.

 

7 Objek Wisata Curug di Garut

1. Curug Orok

Curug Orok Cikajang Tempat Wisata di Garut
Curug Orok via IG @ndunk_ory

Curug Orok berada di Cikandang, Cikajang, Kabupaten Garut. Dari arah Garut, di pertigaan sebelum Cikajang belok kanan menuju asrama Kostrad Cibuluh yang ditandai oleh patung harimau.

Tempat wisata di Garut ini memiliki 2 curug, curug besar melambangkan sang ibu sedangkan curug kecil melambangkan bayi (orok). Objek wisata Curug Orok beroperasi mulai pukul 09.00 sampai dengan 16.30 WIB. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan bermain air atau mandi di Curug Orok.

2. Curug Citiis

Curug Citiis tempat wisata di Garut
Curug Citiis via IG @mimimsabilamsigarut

Curug Citiis berada di Pasawahan, Tarogong Kaler tepatnya berada di kaki gunung Guntur sehingga hampir semua pendaki yang muncak gunung Guntur beristirahat sambil menikmati kesejukan air terjun di Curug Citiis.

Curug ini dapat dijangkau dengan berjalan kaki. Curug Citiis memiliki panorama alam yang mempesona, di curug ini kamu bisa berendam atau mandi di bawah derasnya air terjun.

3. Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje tempat wisata di Garut
Curug Sanghyang Taraje via IG @apox17

Curug Sanghyang Taraje terletak di Pakenjeng, Garut searah dengan Pantai Rancabuaya Bungbulang. Curug ini menyuguhkan pemandangan yang mempesona. Dua air terjum kembar yang mengalir deras mampu menghasilkan uap air yang nampak indah.

4. Curug Nyogong

Curug Nyogong Cihurip tempat wisata di garut
Curug Nyogong Cihurip via IG @dina_nurpadi

Curug Nyogong berlokasi di Kp. Sawahpasir,, Mekarwangi, Cihurip. Pada musim kemarau, aliran jatuhannya akan mengecil dan air di kolam Curug Nyogong akan berwarna kebiruan. Pada musim hujan, aliran jatuhan Curug Nyogong sangat deras dan air kolamnya berwarna cokelat.

Sumber aliran Curug Nyogong adalah aliran Sungai Cisanggiri yang berhulu di sekitaran hutan Gunung Gelap, Kecamatan Cikajang. Aliran dari Curug Nyogong kemudian dijadikan sebagai sumber aliran Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro untuk memenuhi kebutuhan listrik di Kecamatan Cihurip.

5. Curug Cibadak

Curug Cibadak Cihurip tempat wisata di Garut
Curug Cibadak Cihurip via IG @kinys_rock

Curug Cibadak terletak di Cisangkal, Cihurip. Tempat wisata di Garut ini lokasinya tepat di pinggir jalan sehingga tidak diperlukan trekking. Lahan di sekitar Curug Cibadak penuh dengan areal sawah dan bebatuan yang cukup besar.

Areal ini berada di lokasi yang cukup tinggi sehingga terkadang kabut cukup tebal turun di sekitar Curug Cibadak. Ketinggian Curug Cibadak secara keseluruhan sekitar 100 m dan untuk medekati aliran jatuhan Curug Cibadak masih cukup sulit karena belum ada jalan setapak yang memadai.

Spot untuk mengambil gambar yang cukup baik berada di bukit seberang Curug Cibadak, hal ini dikarenakan Curug Cibadak cukup tinggi dan tidak ada spot yang berupa lapangan luas untuk mengambil foto Curug Cibadak secara keseluruhan.

6. Curug Ngebul

Curug Ngebul 2 Kolam Banjarwangi tempat wisata di Garut
Curug Ngebul 2 Kolam Banjarwangi via IG @aankfadil

Curug Ngebul 2 Kolam berada di kampung Patrol, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Banjarwangi. Waktu tempuh dari jalan raya kurang lebih 15 menit berkendara.

Curug ini baru dikembangkan menjadi objek wisata di Garut pada tahun 2016. Panorama alam yang disuguhkan cukup mempesona. Tebing-tebing batu dan pepohonan hijau yang tumbuh di atasnya menambah elok pemandangan di areal wisata ini.

7. Curug Jagapati

Curug Jagapati Cisompet tempat wisata di Garut
Curug Jagapati Cisompet via IG @aldy_martel

Curug Jagapati terletak di Cisompet. Jalan menuju curug ini dimulai dari jalan raya Cisompet Pameungpeuk, dari Cisompet belok kanan ke arah Kp. Neglasari. Persiapkan stamina dan peralatan sangat diperlukan karena waktu tempuh menuju curug ini dari rumah warga kurang lebih 1 jam dengan berjalan kaki.

Bila musim hujan, usahakan untuk memulai treking sebelum jam 11.00 WIB karena setelah jam 11.00 WIB, biasanya sudah turun hujan.

Itulah daftar tempat wisata di Garut yang keren abis dan sayang bila dilewatkan saat muslim liburan tiba. Mana tempat wisata favorit kamu?

4 KOMENTAR