InfoKeren.id, Tempat wisata di Bandung banyak sekali ragamnya. Mulai dari wahana permainan di tengah kota hingga spot selfie di atas ketinggian tersedia di kota ini.

Bandung merupakan ibukota provinsi Jawa Barat. Kota yang dijuluki kota kembang dan Paris van Java ini termasuk salah satu kota paling sibuk di Indonesia. Bandung juga merupakan kota kebanggaan warga Jawa Barat. Kota ini menjadi tempat mengadu nasib, menimba ilmu, belanja dan juga tujuan wisata.

Seperti sudah disinggung di awal tadi, tempat wisata di Bandung memang sangat lengkap. Kecuali satu, pantai. Ya, Bandung memang tidak memiliki wisata pantai sehingga warga Bandung sendiri pergi ke Garut atau Pangandaran untuk bermesraan dengan pasir dan ombak pantai Selatan.

Baca juga: 28 Tempat Wisata di Garut yang Super Keren dan Tak Boleh Dilewatkan

Bandung berada tidak jauh dari ibukota Jakarta. Pada akhir pekan atau hari libur, Bandung selalu dipadati pengunjung dari luar kota, terutama Jakarta. Mereka sengaja datang ke Bandung pastinya untuk tujuan wisata, baik wisata belanja, berburu kuliner maupun menikmati suguhan wisata alam kota kembang yang mempesona.

Apa saja tempat wisata di Bandung? Ulasan di bawah ini mungkin dapat menjadi referensi buat kamu.

Tempat Wisata Alam di Bandung

1. Situ Patenggang

Situ Pantenggang Ciwidey Tempat Wisata di Bandung
Situ Patenggang Ciwidey via ragamtempatwisata.com

Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah sebuah danau cantik yang terletak di Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat. Tempat wisata di Bandung ini menawarkan keindahan alam yang mempesona dengan kesejukan udara yang menyegarkan.

Air danau yang jernih berwarna biru berpadu dengan pepohonan hijau dan lebat di sekeliling Situ Patenggang sangat cocok untuk menghilangkan rasa penat akibat padatnya aktifitas sehari-hari. Sehabis liburan ke danau ini semangat dan kebahagiaanmu seakan di-charge ulang.

2. Gunung Tangkuban Parahu

Gunung Tangkuban Parahu tempat wisata di Bandung
Gunung Tangkuban Parahu via wisatanesia.co

Gunung Tangkuban Parahu berada sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, tepatnya di Cikole, Lembang. Gunung api aktif ini merupakan tempat wisata di Bandung yang tidak bisa dipisahkan dari legenda Sangkuriang. Konon gunung ini berasal dari perahu terbalik akibat ditendang oleh Sangkuriang karena gagal mempersunting Dayang Sumbi yang merupakan ibu kandungnya sendiri.

Gunung Tangkuban Parahu adalah wisata di Bandung yang murah meriah namun indah. Harga tiket masuk Gunung Tangkuban Parahu cukup terjangkau, pada hari kerja Senin – Jum’at Rp. 20.000,- dan tiket masuk khusus weekend atau hari libur Rp. 30.000,- per orang.

3. Kawah Putih

Kawah Putih Ciwidey tempat wisata di Bandung
Kawah Putih Ciwidey Bandung via anekatempatwisata.com

Kawah Putih adalah sebuah tempat wisata di Bandung yang terletak di kawasan Ciwidey. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Selain untuk dinikmati keindahan alamnya, Kawah Putih Ciwidey juga sering menjadi tempat pengambilan gambar film, melukis, foto pengantin, mendaki dan berkuda.

Kawah Putih Ciwidey berada di kawasan pegunungan yang mempunyai ketinggian lebih dari 2.400 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, suhu udara di kawasan Kawah Putih cukup dingin dengan suhu 8 derajat Celsius sampai dengan 22 derajat Celsius. Oleh karena itu jika kamu hendak liburan ke tempat ini jangan lupa membawa jaket atau memakai pakaian yang tebal.

4. Ranca Upas

Ranca Upas Ciwidey tempat wisata di Bandung
Ranca Upas Ciwidey via initempatwisata.com

Ranca Upas terletak di Jalan Ciwidey-Patengan Km. 11, Rancabali, Ciwidey, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Ranca Upas merupakan bumi perkemahan di Bandung yang keindahan alamnya tak terbantahkan.

Tempatnya adem, asri, banyak pohon rindah dan enak buat wisata keluarga. Untuk menempuh perjalanan ke sini butuh waktu berjam-jam. Kalau naik motor bisa 3 jam, dan mobil bisa 4 jam. Tapi sampai di sini, rasa capenya terbayar dengan keadaan alam yang mempesona.

Tempat wisata di Bandung ini bagus untuk dimasukkan list destinasi liburan kalian.

5. Curug Dago

Curug Dago tempat wisata di Bandung
Curug Dago Bandung via jedakata.wordpress.com

Curug Dago terletak di Jl. Dago Pojok, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Konon tempat wisata di Bandung ini merupakan tempat bersemedi raja pertama Thailand dan anaknya, mereka menyebutkan bahwa kota Parahyangan ini merupakan tempat leluhurnya.

Air terjunnya memang kecil namun menawarkan keindahan alam eksotis buat kamu yang kurang piknik. Udaranya sejuk, nyaman untuk istirahat dan liburan bersama keluarga.

6. Curug Maribaya

Curug Maribaya tempat wisata di Bandung
Curug Maribaya via mangacew.com

Curug Maribaya berlokasi di Kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk tiba di curug ini bisa melalui dua jalur, jalur Tahura atau Maribaya Lembang.

Banyak monyet, pemandangan bagus tapi fasilitas ibadah, tempat sampah dan toilet masih kurang banget. Tempat enak sejuk, kita bisa hiking dari Tahura ke curug Ciomas selama 2 jam perjalanan.

 

Tempat Wisata Sejarah di Bandung

1. Museum Pendidikan Nasional UPI

Museum Pendidikan Nasional UPI tempat wisata sejarah di Bandung
Museum Pendidikan Nasional UPI via infobdg.com

Museum Pendidikan Nasional UPI berada di kompleks Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung tepatnya di Jalan Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung. Museum ini merekam sebuah cerita pendidikan di Indonesia dari jaman kolonial sampai sekarang. Selain itu museum ini merupakan museum pertama yang berada di lokasi pendidikan yaitu dikampus Universitas Pendidikan Indonesia.

Tempat wisata di Bandung ini asyik untuk mempelajari sejarah pendidikan di Indonesia. Disajikan dengan konsep fun learning, museum ini menyajikan pengalaman pembelajaran yang luar biasa. Plus, tiket masuknya murah, hanya Rp.5000,-.

2. Monumen Perjuangan Rakyat

Monumen Perjuangan Rakyat tempat wisata di bandung
Monumen Perjuangan Rakyat via www.ragamtempatwisata.com

Monumen Perjuangan Rakyat terletak di Jalan Dipatiukur No. 48, Kota Bandung, Jawa Barat 40132, Indonesia. Monumen bersejarah Bandung lautan api ini termasuk salah satu tempat wisata di Bandung yang asik buat tempat bermain dan joging. Kalu hari Minggu jangan tanya lagi tumpah ruwah pasar kaget. Kalu tida percaya boleh buktikan datang sendiri.

3. Museum Barli

Museum Barli tempat wisata di Bandung
Museum Barli Bandung via http://info.pikiran-rakyat.com

Museum Barli terletak di Jl. Prof. Ir. Sutami No. 91, Sukasari, Sukarasa, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40152, Indonesia. Museum ini didedikasikan untuk mengenang pelukis Barli Sasmitawinata. Museum ini juga difungsikan sebagai galeri hasil karya sang maestro seni lukis tersebut. Di dalam museum, pengunjung bisa menyaksikan perkembangan gaya seni lukis Barli dari masa ke masa, mulai dari lukisan yang masih beraliran realisme, impresionisme hingga ekspresionisme.

4. Museum Zoologi

Museum Zoologi tempat wisata di Bandung
Museum Zoologi Bandung via panduanwisata.id

Museum Zoologi merupakan bagian dari Kebun Binatang Taman Sari, Bandung. Museum ini terletak di Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Di museum ini kamu bias menyaksikan diorama berbagai macam binatang sambil membaca penjelasannya, bermain gajah tunggang dan menikmati kafetaria yang tersedia. Kamu juga bia mengajak keluarga untuk mengunjungi tempat wisata di Bandung ini tiap hari, pukul 09.00—16.00 WIB.

5. Museum Wangsit Mandala Siliwangi

Museum Mandala Wangsit Siliwangi tempat wisata di Bandung

Museum Wangsit Mandala Siliwangi terletak di Jl. Lembong No. 38, Braga, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40181, Indonesia.

Museum Wangsit Mandala Siliwangi adalah museum senjata yang berada di Bandung, Jawa Barat. Nama Siliwangi sendiri adalah seorang pendiri Kerajaan Pajajaran yang kekuasaanya tak terbatas. Selain menjadi museum bersejarah, museum ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Bandung, Jawa Barat.

6. Museum Pos Indonesia

Museum Pos Indonesia tempat wisata di Bandung
Museum Pos Indonesia via pemandangan.fotoindonesia.com

Buat kamu yang ingin mengenal dunia perangko dan jasa pengiriman surat pada zaman dulu, di Museum Pos Indonesia tempatnya. Museum ini beralamat di Jalan Cilaki No.73, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115, Indonesia.

Tempat wisata di Bandung yang satu ini menyimpan banyak koleksi perangko lama dari berbagai macamnegara.

7. Museum Konferensi Asia Afrika

Gedung Konferensi Asia Afrika tempat wisata di Bandung
Museum Konferensi Asia Afrika via disparbud.jabarprov.go.id

Museum Konferensi Asia Afrika berlokasi di Jalan Asia Afrika No.65, Braga, Sumur Bandung, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Musem KKA adalah museum sejarah yang menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu. Dari sini muncul lah sebuah konferensi dunia. terdapat koleksi-koleksi zaman dahulu khususnya yang berkaitan dengan pelaksanaan konferensi. Ruangan utama tempat sidang berlangsung masih terjaga dengan sangat apik.

Museum ini merupakan memorabilia Konferensi Asia Afrika. Museum ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan Gedung Merdeka.

8. Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga tempat wisata di Bandung
Museum Sri Baduga via pariwisatabandung.info

Museum Sri Baduga adalah sebuah museum bersejarah yang terletak di kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Museum ini dikelola oleh pemerintah provinsi Jawa Barat, yang mulai didirikan pada tahun 1974. Museum Sri Baduga terletak di Jl. BKR No. 185, Pelindung Hewan, Astanaanyar, Kota Bandung.

Di dalam museum ini terdapat ruang perpustakaan, auditorium, pameran khusus, dan ruang seminar. Wisata edukasi yang sangat bagus buat anak-anak,orang dewasa dan orang tua agar lebih mengenal sejarah dan budaya kota Bandung.

9. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi tempat wisata di Bandung
Museum Geologi Bandung via pujidarmawan.wordpress.com

Museum Geologi Bandung terletak di Jl. Diponegoro No. 57, Cihaurgeulis, Cibeunying Kaler, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat. Museum Geologi didirikan pada tanggal 16 Mei 1928 dan telah direnovasi dengan dana bantuan dari JICA.

Tempat wisata di Bandung ini buka pada Senin-Kamis pukul 09:00-15:30 WIB, Sabtu-Minggu: 09:00-13:30 WIB, tutup pada hari Jumat dan libur Nasional.

Di museum ini ada dokumentasi ledakan gunung berapi, berbagai macam batuan, berbagai macam rangka hewan purba. Tiket masuknya juga murah banget untuk pelajar atau mahasiswa kita cukup mengeluarkan uang Rp 2000 rupiah saja (th 2016).

Jika kamu liburan ke sini, selain nambah ilmu pengetahuan, juga bisa rekreasi bersama keluarga karena suasana di depan museum nyaman banget. Tak jauh dari Museum Geologi Bandung juga terdapat masjid yang nyaman.

10. Gedung Merdeka

Gedung Merdeka Tempat wisata di Bandung
Gedung Merdeka, foto @Harri Daryanto

Gedung Merdeka berlokasi di jalan Asia Afrika, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Gedung ini merupakan salah satu gedung kebanggaan warga Bandung. Tempat bersejarah ini memiliki view yang sangat indah, klasik, dan bagus untuk berfoto. Luar gedung ini juga menjadi markas Pipit dan Murat dalam sinetron Preman Pensiun.

11. Gedung Indonesia Menggugat

Gedung Indonesia Menggugat tempat wisata di Bandung
Gedung Indonesia Menggugat via intisari-online.com

Gedung Indonesia Menggugat adalah salah satu gedung bersejarah di Bandung. Tidak hanya sebagai tempat bersejarah, tempat ini juga bisa menjadi tempat wisata di Bandung. Lokasinya terletak di JL Perintis Kemerdekaan, No. 5, Babakan Ciamis, Sumurbandung, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117, Indonesia.

Gedung Indonesia Menggugat merupakan gedung peninggalan jaman kemerdekaan, di mana presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno menulis kertas untuk Indonesia Menggugat dari penjajahan. Gedung ini nyaman dan sering digunakan untuk acara atau event.

12. Gedung Sate

Gedung Sate tempat wisata di Bandung
Gedung Sate Bandung, foto @Darmiyati Waskito

Gedung Sate, dengan ciri khasnya berupa ornamen tusuk sate pada menara sentralnya, telah lama menjadi penanda atau markah tanah Kota Bandung. Tempat wisata di Bandung ini terletak di Jalan Diponegoro No. 22, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

13. Villa Isola

Villa Isola tempat wisata di Bandung
Villa Isola Bandung via tempatwisatadibandung.info

Villa Isola adalah bangunan villa yang terletak di kawasan pinggiran utara Kota Bandung. Berlokasi pada tanah tinggi, di sisi kiri jalan menuju Lembang (Jln. Setiabudhi), gedung ini dipakai oleh IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Bandung, yang sekarang menjadi Universitas Pendidikan Indonesia-UPI). Villa Isola adalah salah satu bangunan bergaya arsitektur Art Deco yang banyak dijumpai di Bandung.

 

Tempat Nongkrong dan Wisata Anak di Bandung

1. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung
Trans Studio Bandung via wisatapedi.com

Trans Studio Bandung adalah kawasan wisata terpadu di Bandung, Jawa Barat, tepatnya di area Bandung Supermal. Tempat wisata di Bandung ini menawarkan wahana petualangan dan sensasi yang menantang. Trans Studio Bandung dibuka untuk umum pada tanggal 18 Juni 2011. Trans Studio Bandung adalah taman bermain yang paling lengkap di kota Bandung.

2. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung
Kebun Binatang Bandung via sebandung.com

Kebun Binatang Bandung merupakan salah satu objek wisata alam flora dan fauna di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kebun Binatang Bandung terletak di Jalan Kebun Binatang No.6, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, berdampingan dengan kampus Institut Teknologi Bandung dan Sungai Cikapundung.

3. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo tempat wisata di Bandung
Saung Angklung Udjo via http://www.angklung-udjo.co.id

Saung Angklung Udjo (SAU) merupakan sebuah tujuan wisata budaya yang lengkap, karena SAU memiliki arena pertunjukan, pusat kerajinan bambu dan dan workshop instrumen musik dari bambu.

Dengan atmosfer segar Tatar Parahyangan di kawasan Bandung Timur, SAU menjadi tempat yang tepat untuk menikmati keunikan dari dominasi bambu, dimulai dari elemen interior dan landscape sampai dekorasi dan gemerincingnya suara alat musik bambu.

Tempat wisata di Bandung ini terletak di Jl. Padasuka 118, Bandung 40192, Jawa Barat, Indonesia.

4. Upside Down World Bandung

Upside Down World Bandung
Upsite Down World Bandung via wisatabdg.com

Upside Down World Bandung adalah alternatif tempat wisata di Bandung yang baru, unik dan sangat menarik untuk dikunjungi. Upside Down World Bandung terletak di Jln. H Wasid No. 31, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Objek wisata di Bandung ini menjadi buruan para nettizen pecinta fotography. Di sini kamu bisa menemukan banyak spot menarik untuk berfoto terbalik dengan berbagai background di dalam ruangan seperti di dapur, ruang kamar, ruang keluarga dan masih banyak yang lainnya.

5. Pesona Nirwana Waterpark

Pesona Nirwana Waterpark Tempat Wisata di Bandung
Pesona Niwana Waterpark Bandung via wisatabdg.com

Pesona Nirwana Waterpark merupakan sebuah objek wisata wahana air seluas 4000 meter persegi yang berlokasi di Kampung Legok Jeungjing, Desa Panyirapan, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Berjarak sekitar 1 Km dari Kantor Pemda Kabupaten Bandung.

6. Cihampelas Walk

Cihampelas Walk tempat wisata di Bandung
Cihampelas Walk via www.ciwalk.com

Cihampelas Walk atau sering disingkat menjadi Ciwalk adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang terkenal untuk wisata belanja. Ciwalk terletak di Jl. Cihampelas No.160, Cipaganti, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

7. Bandung Carnival Land

Bandung Carnival Land
Bandung Carnival Land via tempatwisatadibandung.info

Bandung Carnival Land merupakan tempat wisata di Bandung untuk wahana bermain yang disebut-sebut sebagai kembaran Dunia Fantasi Dufan Jakarta. Bandung Carnival Land terletak di Jl. Sirna Galih No.2, Cipedes, Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat.

8. Ruas Jalan Cisangkuy

Ruas Jalan Cisangkuy tempat wisata di Bandung
Youghert Cisangkuy via bandung.panduanwisata.id

Ruas Jalan Cisangkuy merupakan tempat wisata di Bandung untuk bersantai dan menikmati kuliner Bandung. Banyak hal yang bisa kita dapatkan dengan mengunjungi ruas jalan Cisangkuy yaitu mencicipi yoghurt, melahap jajanan ala Bandung dan bermain di taman.

9. Taman Tegalega Bandung

Taman Tegalega tempat wisata di Bandung
Taman Tegalega Bandung via http://petatempatwisata.com

Taman Tegalega adalah tempat wisata di Bandung yang beralamat di Jalan Otto Iskandar Dinata No.592, Nyengseret, Astanaanyar, Ciateul, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat. Di sekitar Taman Tegalega Bandung sudah banyak pedagang, yang bagus untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat.

10. Jalan Cilaki

Taman Cilaki tempat wisata di Bandung
Taman Cilaki Bandung via wikimapia.org

Jalan Cilaki merupakan sebuah jalan satu arah yang menghubungkan kawasan Jalan Citarum sampai dengan Jalan Diponegoro di sekitar kawasan depan Museum Geologi Bandung. Jalan yang teduh dengan pepohonan yang rindang ini berada di samping Taman Lansia, di malam hari sepanjang Jalan Cilaki akan dipenuhi oleh penjual makanan kaki lima dan merupakan salah satu tempat wisata kuliner dan hang out bagi warga Bandung.

11. Jalan Braga

Jalan Braga tempat wisata di Bandung
Jalan Braga via tempo.co

Jalan Braga merupakan nama salah satu jalan utama yang ada di Kota Bandung. Jalan ini sudah terkenal sejak jaman pemerintahan Hindia Belanda. Mengujungi Kota Bandung kurang lengkap rasanya kalau belum mampir ke Jalan Braga.

Jalan Braga Bandung tidak jauh dari Gedung Merdeka karena salah satu pintu Gedung Merdeka berada di Jalan Braga.

12. Kampung Tulip

Kampung tulip tempat wisata di Bandung
Kampung Tulip via brobali.com

Kampung Tulip terletak di Komplek Banyu Biru Blok H No. 17, Ciwastra, Mekarjaya, Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Kampung Tulip merupakan tempat wisata di Bandung yang mirip wisata seperti luar negeri, tepatnya ala Belanda dengan berbagai macam arsitektur khas belanda.

13. Jalan Asia Afrika

Jalan Asia Afrika tempat wisata di Bandung
Jalan Asia Afrika Bandung via Kompasiana.com

Jalan Asia Afrika merupakan salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi saat berwisata ke Bandung. Jalan Yang satu ini benar-benar bersejarah bagi kota Bandung.

14. Teras Cikapundung

Teras Cikapundung tempat wisata di Bandung
Teras Cikapundung via kompasiana.com

Teras Cikapundung adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang berlokasi di Jl. Siliwangi, Cipaganti, Coblong, Hegarmanah, Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat. Teras Cikapundung merupakan taman edukasi dan ekologi di Bandung.

15. Babakan Siliwangi

Babakan Siliwangi tempat wisata di Bandung
Babakan Siliwangi (Baksil) via adriarani.blogspot.com

Babakan Siliwangi atau yang dikenal disingkat dengan Baksil adalah salah satu kawasan hutan kota di Bandung, tepatnya berada di Jl. Siliwangi No. 7, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Tempat wisata di Bandung ini nyaman untuk olahraga sekaligus wisata alam di tengah kota.

16. Taman Super Hero

Taman Super Hero tempat wisata di Bandung
Taman Super Hero via infobandung.co.id

Taman Super Hero berada di Jl. Bengawan, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Tempat wisata di Bandung ini memiliki luas 600 m2 dengan bentuk segitiga unik.

17. Taman Cikapayang

Taman Cikapayang tempat wisata di Bandung
Taman Cikapayang via bersapedahan.wordpress.com

Taman Cikapayang berlokasi di Jl. Ir. H.Djuanda No.79, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Taman ini merupakan tempat kongkow anak muda dan juga orang tua. Taman Cikapayang cukup nyaman untuk berkumpul bersama teman dan keluarga.

18. Taman Pasupati

Taman Pasupati tempat wisata di Bandung
Taman Pasupati (Taman Jomblo) via maulanatour.blogspot.com

Taman Pasupati, atau lebih dikenal dengan sebutan Taman Jomblo, adalah sebuah taman yang terletak di bawah Jembatan Pasupati, tepatnya di Jl. Taman Sari No.66, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Taman ini diresmikan oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil, pada tanggal 4 Januari 2014.

19. Taman Lansia

Taman Lansia tempat wisata di Bandung
Taman Lansia Bandung via regional.liputan6.com

Taman Lansia adalah sebuah taman kota yang terletak di dekat Gedung Sate, Bandung. Taman ini sudah tidak asing lagi di telinga warga Bandung. Taman Lansia merupakan singkatan dari taman lanjut usia.

20. Taman Gesit

Taman Gesit tempat wisata di Bandung
Taman Gesit via beritasatu.com

Taman Gesit adalah salah satu taman tematik dan ruang terbuka hijau di Kota Bandung yang terletak di Jalan Dipatiukur, Bandung, Jawa Barat. Taman ini diresmikan oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil, pada tanggal 1 April 2015.

21. Taman Vanda

Taman Vanda Tempat wisata di Bandung
Taman Vanda via catatanria.com

Taman Vanda merupakan tempat wisata di Bandung yang terletak di Jalan Merdeka No.9, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117, Indonesia.

Kalau mau main ke Taman Vanda usahakan datang malam hari supaya bisa lihat air mancur dan light-nya, usahain juga datang pas gak hujan soalnya kalo hujan air mancur juga gak jalan.

22. Taman Pustaka Bunga

Taman Pustaka Bunga tempat wisata di Bandung
Taman Pustaka Bunga via sebandung.com

Taman Pustaka Bunga merupakan salah satu taman di Kota Bandung yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Taman ini beralamat di Jl. Citarum No.23 A, Citarum, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat.

Taman Pustaka Bunga memiliki banyak jenis bunga yang menarik. Beberapa jenis bunga yang ada di taman ini adalah mawar, puring, bakung.

23. Taman Cempaka

Taman Cempaka Tempat Wisata di Bandung
Taman Cempaka (Taman Foto) via aryawasho.wordpress.com

Taman Cempaka disebut juga Taman Fotografi dan Taman Foto yang menarik di Kota Bandung. Objek wisata Bandung ini adalah salah satu taman tematik dan ruang terbuka publik yang terletak di Jalan Anggrek, Bandung, Jawa Barat.

24. Taman Film

Taman Film tempat wisata di Bandung
Taman Film Bandung via tempatwisatadibandung.info

Taman Film adalah salah satu taman tematik dan ruang terbuka publik di Kota Bandung yang terletak di bawah Jembatan Pasupati, Bandung, Jawa Barat. Taman ini diresmikan oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil, pada tanggal 14 September 2014.

25. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani tempat wisata di Bandung
Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani via ragamtempatwisata.com

Taman Lalu-lintas Ade Irma Suryani adalah sebuah taman rekreasi yang ada di jantung kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Selain sebagai taman dan tempat bermain, di sini juga dijadikan pusat latihan membaca rambu-rambu lalu lintas.

 

Tempat Wisata Religi di Bandung

1. Masjid Pusdai

Masjid Pusdai tempat wisata di Bandung
Masjid Pusdai Bandung via bpmkb.kotabogor.go.id

Masjid Pusdai Bandung terletak di Jalan Diponegoro No. 63, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40115. Masjid Pusdai memiliki ukuran yang luas, dengan bangunan yang megah dan desain sangat indah. Masjid ini juga memiliki ruang khusus yang tersambung ke masjid digunakan untuk acara pesta perkawinan.

2. Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung
Masjid Raya Bandung via rjsyahrulloh.blogspot.com

Masjid Raya Bandung berlokasi di Jl. Asia Afrika, Balonggede, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40251. Dulu, Masjid Raya Bandung dikenal dengan nama Masjid Agung Bandung. Status masjid ini adalah sebagai masjid provinsi bagi Jawa Barat.

Di area depan masjid juga sudah dibuat taman yang sangat bersih. Dari atas menara mesjid ini, pengunjung dapat melihat pemandangan kota. ****

Demikianlah ulasan singkat seputar tempat wisata di Bandung yang diambil dari berbagai sumber. Semoga info wisata Bandung ini dapat menambah referensi tujuan wisata sobat keren semua.

Jangan lupa bahagia yaa!