Infokeren.id, Perbedaan fasilitas BPJS Kesehatan Kelas 3, 2 dan 1 – Seperti sudah kita ketahui bersama bahwa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menawarkan 3 tingkat kepesertaan; yaitu kelas 1, kelas 2 dan kelas 3.

Sebelum kamu daftar BPJS Kesehatan, sebaiknya pahami dulu apa saja perbedaan fasilitas BPJS Kesehatan kelas 1, 2 dan 3. Agar saat nanti mendaftar, kamu sudah bisa menentukan kelas mana yang akan kamu pilih. Jika sudah mantap menentukan pilihan, kamu juga tidak akan berpikir untuk pindah kelas kepesertaan.

Baca juga: Cara daftar BPJS Kesehatan online 2017 untuk peserta mandiri atau perorangan

Pada artikel ini, saya akan coba paparkan perbedaan fasilitas BPJS Kesehatan kelas 1, 2 dan 3 berdasarkan ruang perawatan, hak pindah kelas perawatan dan besarnya tanggungan biaya pengobatan. Ketiganya memiliki perbedaan fasilitas karena jumlah iuran masing-masing pun beda.

Jumlah iuran BPJS Kesehatan kelas 1, 2 dan 3 adalah:

  • Kelas 1 = Rp. 80.000 per bulan
  • Kelas 2 = Rp. 51.000 per bulan
  • Kelas 3 = Rp. 25.500 per bulan

Iuran BPJS Kesehatan harus dibayarkan paling lambat tanggal 10 setiap bulannya.

Perbedaan fasilitas BPJS Kesehatan Kelas 1, 2 dan 3
Ilustrasi via Merdeka.com

Perbedaan fasilitas BPJS Kesehatan Kelas 1, 2 dan 3 

Setelah peserta BPJS Kesehatan membayar kewajiban iuran, dia berhak mendapat fasilitas pengobatan dan perawatan di ruang rawat sesuai dengan kelasnya masing-masing. Untuk obat sendiri sebetulnya baik kelas 1, 2 maupun 3 tidak ada perbedaan. Yang mebedakan hanya ruang perawatan saja.

Ruang perawatan BPJS kelas 3, 2 dan 1

  • Kelas 3 berhak dirawat inap di kamar perawatan kelas 3 yang biasanya diisi oleh 4 – 6 pasien.
  • Kelas 2 berhak dirawat inap di kamar perawatan kelas 2 yang biasanya diisi oleh 3 – 5 pasien.
  • Kelas 1 berhak dirawat inap di kamar perawatan kelas 1 yang biasanya diisi oleh 2 – 4 pasien.

Hak pindah kelas ruang perawatan

Peserta BPJS kelas 2 dan 1 boleh pindah ruang perawatan ke kelas yang lebih tinggi. Dan berdasarkan peraturan terbaru, kelas 3 BPJS bisa pindah ruang perawatan ke kelas 2 maupun kelas 1.

  • Peserta BPJS kelas 1 bisa pindah kelas perawatan ke ruang VIP
  • Peserta BPJS kelas 2 bisa pindah ruang perawatan ke kelas 1
  • Peserta BPJS kelas 3 bisa pindah ruang perawatan ke kelas 2 maupun kelas 1

Perbedaan tarif INA-CBGs BPJS kelas 1, 2 dan 3

Masing-masing kelas BPJS Kesehatan memiliki tarif INA CBGs yang berbeda. Tarif INA-CBGs adalah tarif klaim dari rumah sakit ke BPJS Kesehatan berdasarkan kelas BPJS Kesehatan sesuai jenis penyakit. Misalnya penyakit jantung, tarif INA-CBGs kelas 3 Rp. 5 juta, tarif kelas 2 Rp. 7 juta, dan tarif BPJS kelas 1 Rp. 10 juta (tarif klaim hanya contoh, bukan tarif yang sebenarnya).

Itulah perbedaan fasilitas BPJS Kesehatan kelas 1, 2 dan 3 dilihat dari ruang perawatan, hak naik kelas ruang perawatan dan tarif INA CBGs. Semoga bermanfaat.

2 KOMENTAR