Infokeren.id, Sinetron Awas Banyak Copet (ABC) sudah tayang perdana di RCTI pada 1 Mei 2017 pukul 17.15 WIB, bertepatan dengan May Day atau Hari Buruh Sedunia.

Para pemain Awas Banyak Copet RCTI sebagian besar merupakan mantan pemain sinetron Preman Pensiun. Bahkan kalau diamati, sinetron ABC ini merupakan bagian tersendiri dari Preman Pensiun. Sehingga bagi kalian yang kangen pada sinetron Preman Pensiun, dapat terobati dengan hadirnya sinetron Awas Banyak Copet di RCTI.

Logat Sunda sinetron Awas Banyak Copet lebih natural dibanding sinetron Dunia Terbalik. Mungkin karena ABC banyak menampilkan pemain asal Bandung, sementara Dunia Terbalik banyak pemain dari daerah lain sehingga logat Sunda-nya kurang natural. Walau begitu, sinetron Dunia Terbalik dicintai warga Jawa Barat.

Baca juga: Pemain Sinetron Dunia Terbalik RCTI

Para pemain Awas Banyak Copet RCTI, antara lain:

Sinetron Awas Banyak Copet RCTI
Pemain Awas Banyak Copet RCTI
  1. Icuk Baros sebagai pemeran Bos Saep
  2. Ucup Palentin sebagai pemeran Ubed
  3. Nendi Nurdin sebagai pemeran Junaedi
  4. Aditya Pratama sebagai pemeran Arman
  5. Ade Herman sebagai pemeran Dede
  6. Ikhsan Setiana sebagai pemeran Nana
  7. Nizar Ibrahim sebagai pemeran Baba
  8. Budi Setiawan sebagai pemeran Bobby
  9. Diza Hanifa sebagai pemeran Diza
  10. Agnis Risdayati sebagai pemeran Voni
  11. Dewi Nosar sebagai pemeran Dewi
  12. Birgita Putri sebagai pemeran Putri

Sinopsis Awas Banyak Copet (ABC) RCTI episode pertama

Sinetron Awas Banyak Copet RCTI merupakan sinetron komedi yang menceritakan sekelompok copet di bawah pimpinan Bos Saep. Bos Saep sendiri menyebutnya Academy Bandung of Copet (ABC).┬áPada tayangan perdana, Bos Saep sedang membuka pendaftaran mahasiswa baru dan sudah mengangkat 2 orang asisten dosen (asdos), yaitu asdos bidang pendidikan dan asdos bidang kegiatan. Mereka ditugaskan untuk mencari “mahasiswa baru”.

Sejak di Preman Pensiun, Bos Saep dikenal sebagai bos copet yang selalu berbicara dengan gaya bahasa menarik dan lucu. Di depan anak buahnya dia terlihat bijaksana dan berwibawa, padahal di balik itu dia punya masalah keluarga yang cukup rumit. Dia sudah bercerai dengan istrinya yang pernah berperan dalam sinetron Kampung Kendang MNCTV sebagai istri Kang Juhana.

Sementara itu, Ubed dan Junaedi masih menjalani profesi sebagai tukang cilok. Sedangkan Dewi yang masih menyimpan rasa suka pada Ubed sudah bekerja kantoran. Dari zaman Preman Pensiun, cinta Dewi bertepuk sebelah tangan karena Ubed yang ditaksirnya lebih menyukai Diza.

Hadir pula dalam sinetron Awas Banyak Copet, Baba dan Boby. 2 penodong ini juga merupakan alumni Preman Pensiun. Karakternya pun sama dengan karakter mereka di Preman Pensiun.

Sinetron Awas Banyak Copet RCTI hanya rekayasa, meskipun begitu bisa saja diangkat dari kisah nyata. Kita tidak tahu, yang jelas kita bisa mengambil hikmah dari sinetron tersebut. Jika anak-anak suka dengan sinetron tersebut, sebaiknya dampingi mereka agar mereka tidak meniru perilaku Bos Saep dan kawan-kawan. Anak-anak harus diberi penjelasan, mana yang patut ditiru dan mana yang tidak boleh ditiru.

Demikianlah, semoga bermanfaat.

BAGIKAN
Husni Cahya Gumilar
Pendiri & CEO INFOKEREN.ID, sebuah media online edukatif di Indonesia.