Infokeren.id, Leuwi Tonjong merupakan tempat wisata alam yang baru di Kabupaten Garut. Tempat wisata di Garut ini banyak diburu wisatawan karena menyuguhkan panorama yang eksotis dan memanjakan mata.

Baca juga: 28 Tempat Wisata di Garut yang Super Keren dan Tak Boleh Dilewatkan

Kata leuwi berasal dari bahasa Sunda, yang berarti lubuk atau cekungan di dasar sungai. Leuwi Tonjong merupakan lubuk sungai yang sangat indah. Airnya tenang dan diapit oleh dua buat bukit batu dengan ketinggian mencapai 90-120 meter.

Leuwi Tonjong Garut
Via IG @noerza_38

Lokasi Leuwi Tonjong

Objek wisata Leuwi Tonjong Garut terletak di Kampung Rontog, Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut.

Akses Jalan Menuju Leuwi Tonjong

Untuk tiba di Leuwi Tonjong Cihurip Kabupaten Garut, dari terminal Guntur Garut bisa naik elf jurusan Cihurip.

Atau, jika kamu membawa kendaraan pribadi, dari Garut kota ke arah selatan menuju Cikajang. Dari Cikajang, terdapat dua jalur alternatif. Pertama lewat Batu Tumpang ke arah Pameungpeuk, lalu belok kiri di Pos Polisi Cihurip, tepatnya sebelum Gunung Gelap.

Kedua, bisa lewat Banjarwangi – Singajaya (Amlong). Dari arah Garut sendiri sebetulnya disarankan untuk mengambil jalur Pamepungpeuk karena jalannya lebih lebar.

Tapi untuk yang hobi tantangan, sangat disarankan untuk singgah di Banjarwangi. Di tempat ini terdapat destinasi baru yang sangat seru, yaitu river boarding dan river tubing Cikaengan.

Baca juga: Cikaengan Banjarwangi, Lokasi Favorit River Tubing di Garut

Jika berangkat dari Tasik, kamu bisa ambil jalur Taraju. Di pertigaan Surapati belok kanan ke arah Singajaya, kemudian lewat Desa Girimukti, Kecamatan Singajaya menuju daerah Amlong, Cihurip.

Kalau sudah sampai di Cihurip, kamu tak perlu bingung. Tinggal minta dipandu aja sama penduduk setempat.

Dari tempat parkir kendaraan di Kampung Rontog, kamu harus berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit. Jalannya lumayan nanjak, lumayan buat menguji stamina.

Tiket Masuk

Tiket masuk Leuwi Tonjong Cihurip Garut masih terbilang murah. Pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 15.000 per orang.

Leuwi Tonjong Cihurip
via IG @khildadahil

Kegiatan wisata yang bisa kamu lakukan di tempat wisata yang satu ini adalah menyaksikan keindahan alam yang menawan, hammocking, berenang dan berlayar dengan menyewa rakit bambu Rp. 5.000,- per orang.

Tertarik ingin menyaksikan keindahan Leuwi Tonjong? Datang aja ke Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut bersama keluarga atau teman-teman. Udaranya yang sejuk dan pemandangannya yang masih alami, dijamin dapat membuat pikiran kamu rileks.

Selamat berlibur!