Halo sobat kamu mau bermain dengan salah satu mata uang digital yang sedang booming yaitu Bitcoin ?

Jika iya mungkin ini adalah artikel yang mungkin akan kamu butuhkan sebagai pertimbangan sebelum kamu memasuki dunia bitcoin ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel tentang kelebihan dan kekurangan bitcoin yang semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kamu yang ingin atau mau menerjuni dunia bitcoin ini.

Kelebihan dan kekurangan bitcoin

Oke langsung saja berikut kelebihan dan kekurangan bitcoin yang perlu kamu ketahui.

Kelebihan bitcoin:

Ada beberapa kelebihan dari bitcoin yang cukup luar biasa menurut saya yang menjadikan banyak orang berminat dengan yang namanya bitcoin ini. Berikut kelebihannya :

1.  Kenaikan Harga yang Sangat Tinggi

Satu hal yang membuat banyak orang menaruh minatnya dengan bitcoin adalah kenaikan harga yang sangat tinggi.

Terbukti dari data yang saya dapatkan pada awal diciptakan pada tanggal 3 Januari 2009 yang harganya cuma $0.00076  per 1 bitcoin atau setara dengan Rp. 10,10 per bitcoin dan sekarang pada tanggal 10 Juni 2017 harga per bitcoinnya sudah mencapai $2863.13 atau setara dengan Rp. 38.068.176,48

Sebuah kenaikan harga yang sangat fantastis bukan. Dari harga awalnya yang hanya Rp. 10 yang buat beli permen setengah biji saja mungkin nggak dapat namun saat ini harganya sudah melambung jauh hingga mencapai 38 jutaan yang mungkin sudah bisa buat beli 2 motor dengan harga 15 jutaan per motornya.

Bayangkan dari yang pertama nggak cukup buat beli permen tiba tiba cukup untuk membeli 2 motor.

Karena alasan inilah maka banyak sekali orang yang mulai menginvestasikan uang mereka di bitcoin dengan harapan mereka bisa mendapatkan banyak keuntungan dari selisih harga beli pertama dan harga jual saat ini.

2. Dapat digunakan sebagai mata uang global

Kelebihan kedua dari bitcoin adalah dapat digunakan sebagai mata uang global. Kenapa ?

Karena saat ini hampir semua e-commerce di dunia sudah menambahkan bitcoin sebagai alat pembayarannya.

Namun dengan melakukan pembayaran menggunakan bitcoin saya rasa akan lebih menguntungkan daripada menggunakan mata uang seperti rupiah atau mata uang pada umumnya.

Kenapa ?

Karena bitcoin tidak memiliki batas negara alias bersifat global. Jadi kamu tidak perlu merubah bitcoin ke mata uang tertentu untuk melakukan pembayaran. Seperti halnya rupiah yang terkadang harus ditukar dulu dengan dollar untuk melakukan pembayaran.

Kekurangan bitcoin:

Setelah tadi saya membahas tentang kelebihan dari bitcoin selanjutnya saya akan membahas tentang kekurangan dari bitcoin. Berikut kekurangan dari bitcoin :

1. Harganya Fluktuatif

Harga atau nilai per 1 bitcoin bisa tiba tiba melonjak tinggi dan bisa juga tiba tiba terjun bebas menjadi sangat murah.

Inilah yang kadang-kadang membuat takut orang-orang yang ingin berinvestasi di bitcoin. Kebanyakan orang akan merasa sangat gelisah ketika harga yang dulunya tinggi tiba-tiba menjadi sangat murah.

Pengalaman:

Saya mempunyai seorang teman yang berminat dengan bitcoin, kemudian dia menginvestasikan uangnya di bitcoin kurang lebih dulu sekitar 1 jutaan.

Dengan harganya yang fluktuatif dia memanfaatkannya dengan membeli di saat murah dan menjualnya di saat mahal. Terkadang memang berhasil. Namun lebih sering gagalnya.

Alasannya sepele….

Karena saat harganya turun dia khawatir bahwa harganya akan terus turun dan tidak mengalami kenaikan sehingga dia menjual bitcoinnya ketika harganya lebih rendah dari harga belinya. Karena alasan inilah dia akhirnya merugi…

Jadi karena harganya yang fluktuatif mungkin akan menjadi kerugian bagi para anak muda yang belum memiliki emosi yang stabil sehingga dengan tanpa pertimbangan yang matang dia menjual dan membeli bitcoin.

2. Kurang aman

Kekurangan selanjutnya dari bitcoin adalah kurang aman. Kok bisa? Bitcoin kan sudah menggunakan kriptografi sebagai pengamannya bagaimana masih tidak aman?

Dalam transaksi bitcoin tidak ada yang namanya privacy karena semua transaksi yang dilakukan dapat diketahui oleh semua orang karena data transaksi disimpan secara umum atau publik dalam sebuah jaringan.

3. Masa depan yang tidak bisa diprediksi

Masa depan yang tidak bisa diprediksi?

Apa maksudnya?

Faktor yang mempengaruhi harga bitcoin adalah karena faktor buy and sell. Dalam artian jika banyak yang memebeli maka harganya mahal dan jika banyak yang menjual maka harganya akan menurun alias murah.

Jadi jika sewaktu-waktu bitcoin sudah tidak diminati dan hampir semua orang menjual bitcoin maka harganya pun akan anjrooot semaunya.

Bitcoin tidak diminati?

Itu tidak mungkin?

Kenapa tidak mungkin? Bitcoin masih baru dan bahkan mungkin masih dalam tahap uji coba. Jika sewaktu waktu ada kasus keamanan misalnya bitcoin dicuri atau bitcoin menyalahi undang-undang karena tidak terkena pajak dituding tidak halal dan berbagai masalah lainnya. Apakah penggunanya tidak akan berkurang?

Jadi karena hal itulah saya katakan bitcoin memiliki masa depan yang tidak bisa diprediksi.

Itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan dari bitcoin. Walaupun tidak banyak yang saya sampaikan namun semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kamu yang ingin menggunakan bitcoin.

Terimakasih,

Semoga bermanfaat.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

BAGIKAN
Rendy Alviyanto
Seorang blogger pemula yang fokus Ngeblog di www.roadkom.com