Infokeren.id, Wisata alam Batu Tumpang merupakan salah satu tempat wisata yang berada di daerah Cikajang Kabupaten Garut, lebih tepatnya berada di jalan arah Cikajang – Pameungpeuk. Jika dari arah  pasar Cikajang jaraknya hanya 6 km. Batu Tumpang merupakan tempat wisata yang paling murah meriah tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Jika ingin pergi ke sana bisa  menggunakan mobil angkutan umum dengan cukup membayar ongkos Rp. 5000,- saja atau jika menggunakan kendaraan pribadi seperti motor bisa ditempuh dengan waktu 20 menit. Di sana kita dapat menikmati pemandangan yang indah dan segarnya udara yang menyejukkan karena Cikajang termasuk daerah dataran tinggi sehingga suhu udaranya sangat dingin.

Wisata Alam Batu Tumpang Cikajang
View Tebing Batu Tumpang Cikajang via FB Wind Dimyana Adiwinata

Pemandangan di sepanjang jalan untuk menuju Batu Tumpang sangatlah indah untuk memanjakan mata karena terdapat hamparan luas perkebunan teh dan juga perkebunan sayur mayur.

Nama Batu Tumpang sendiri sebenernya diambil dari sebuah bukit batu besar  yang menjulang tinggi dengan ukuran tingginya sekitar 20 cm dan menempel pada tanah pegunungan, maka disebutlah Batu Tumpang.

Batu tersebut berada di pinggir jalan biasanya para pencinta alam atau orang yang bernyali besar sering memanfaatkan tebing batu tersebut untuk kegiatan Rock Climbing atau sering yang kita kenal dengan panjat tebing. Mereka melatih ketangkasan dan keberanian sampai puncak batu.

Selain melatih ketangkasan juga keberanian mereka sesampainya di atas bisa  melihat pemandangan dari atas bukit karena dari atas sana dapat melihat pemandangan yang lebih indah bahkan jika cuaca lagi cerah laut Pameungpeuk pun bisa kelihatan.

Untuk yang tidak berani memanjat, ada cara lain untuk sampai ke atas bukit yaitu dengan jalan kaki menyusuri jalan setapak yang cukup nanjak.

Setiap hari Minggu dari pagi sampai sore banyak sekali yang mengunjungi wisata alam Batu Tumpang, baik dari  sekitar Cikajang ataupun dari luar daerah Cikajang. Kalau di pagi hari banyak yang sengaja lari pagi ke Batu Tumpang tapi kalau siang sampai sore hari ada yang hanya sekedar jalan-jalan.

Bukan hanya hari Minggu saja para pengunjung datang ke Batu Tumpang, bahkan setiap hari selalu banyak yang datang ke sana jika cuacanya sedang cerah. Jika jalan-jalannya bersama keluarga atau rombongan sebaiknya bawa bekal makanan sendiri biar bisa lebih menikmati dan lebih seru makan bersama.

Tetapi jika malas membawa makanan dari rumah, bisa beli dari warung yang ada di sepanjang jalan Batu Tumpang, karena sekarang di sepanjang jalan sudah banyak warung-warung yang menjajakan makanan baik makanan berat atau pun makan ringan, seperti warung nasi, tukang baso dan juga warung kopi yang sangat pas dengan suasana Batu Tumpang yang dingin. Selain warung ada juga saung-saung lesehan yang disediakan oleh para pemilik warung untuk duduk beristirahat sambil menikmati pemandangan sekitar tanpa harus membayar uang sewa.

Wisata Alam Batu Tumpang Cikajang Garut
Landscape dari puncak Batu Tumpang via FB Wind Dimyana Adiwinata

Wisata alam Batu Tumpang tidak kalah indahnya dan juga tidak kalah menariknya dengan puncak Cisarua Bogor. Meskipun Batu Tumpang tiada yang istimewa jika dibandingkan dengan tempat wisata yang lain tapi Batu Tumpang bisa di jadikan puncaknya Cikajang yang bisa dimanfaatkan untuk liburan atau juga bisa digunakan  untuk tempat istirahat sejenak bagi para pengemudi yang ingin melakukan perjalanan ke pameungpeuk atau pun dari arah sebaliknya  dari  Pameungpeuk menuju Garut, Bandung, Jakarta atau kota yang lainnya. Batu tempat letaknya berada di pinggir jalan sehingga banyak pengendara menyempatkan untuk singgah di tempat ini.

Baca juga: 28 Tempat Wisata di Garut yang Super Keren dan Tak Boleh Dilewatkan

Itulah wisata alam Batu Tumpang yang berada di daerah Cikajang Garut yang masih bisa dinikmati tanpa harus bayar tiket masuk. Semoga kita masih bisa tetap melestarikan lingkungan di sekitar dengan tidak merusak keindahan alamnya.