Infokeren.id, Ada tokoh yang dibeberapa episode awal Dunia Terbalik belum terlihat jelas perannya. Hanya pelengkap supaya bervariasinya episode demi episode. Tapi semakin kesini dia memeberi peran dan warna yang jelas dalam alur cerita sinetron Dunia Terbalik. Encuy atau Ucuy namanya, entahlah karena dua nama tersebut tersemat dan disematkan pada sosok ini.

Ada yang meanarik dari sosok ini, bagaimana banyak penonton setia Dunia Terbalik menjadikannya salah satu favorit. Ucuy pun menjadi magnet pembicaraan banyak fans Dunia Terbalik.

Orangnya sederhana dan polos, tapi dia jujur, amanah, loyal, bertanggung jawab dan tidak bisa dipungkiri hatinya penuh cinta terhadap sesama.

Ucuy Dunia Terbalik

Dia mengabdi kepadi Bagja, yang sering dia panggil Kang Bos. Sangat patuh pada Bagja, manut dan tidak pernah sedikitpun dia berkhianat. Hingga suatu waktu dia tertuduh sebagai pengkhianat. Bagja menuduhnya telah membocorkan pertemuan rahasianya dengan Cucu. Ucuy pun tanpa melawan, tanpa membantah dia menerima. Pergi dari rumah Bagja dengan tanpa dendam.

Berikutnya Ucuy menjadi bagian di kehidupan Ma Eros dan Dedeh. Sperti biasa ciri khasnya Ucuy, senang dan bahagia dalam bekerja, termasuk membantu pekerjaan rumah ma Eros. Saat disinipun dikisahkan Ucuy sering bekerja bongkar muat barang di pasar. Apapun dia jalani dengan riang gembira. Ikhlas dan puas ketika melihat orang terbantukan olehnya.

Persoalanpun muncul lagi. Ucuy lagi-lagi menjadi tertdakwa. Tertuduh yang mengakibatkan semakin meruncingnya perselisihan Ma Eros dan Dedeh. Lagi-lagi dia keluar dari rumah ini dengan tanpa dendam.

Koswara adalah orang yang kemudian menjadi jalan Ucuy meneruskan hidup. Ucuy ikut bantu-bantu di warung makannya, bahkan kemudian akan meneruskan bisnis ciloknya.

Kisah Ucuy belum berakhir, kita tunggu saja episode demi episode berikutnya…

Bagaimana sudah bisa menangkap pesan moral dari hidup Ucuy?

Hidup itu harus seperti Ucuy. Anti gengsi melakukan apapun selama itu halal. Menjalani kehidupan hari ini dengan riang gembira penuh dengan totalitas dan loyalitas. Urusan esok hari, biarkan berlaku esok hari. Bukan berarti tidak memiliki mimpi, tapi jangan sampai kepanjangan angan-angan tanpa action yang nyata. Bermimpi saja untuk esok hari dengan tetap menjaga realita, berpegenga pada do’a dan rasa syukur.

Hidup itu harus seperti Ucuy. Memikirkan kebahagiaan orang lain dengan sederhana. Melakukannya dengan sederhana. Tidak perlu mewah atau megah, yang terpenting adalah ketulusan.

Baca juga: Tatang Dunia Terbalik, Mengejar Pengakuan, Menuruti Nafsu, Menyiksa Hidup Sendiri

Dan masih banyak lagi yang saya tuangkan sebagai gambaran Ucuy untuk kita petik maknanya. Tapi sudahlah sekian saja, silahkan pembaca menggoreskan maknanya masing-masing. Selama itu manfaat jadikan apapun menjadi Ibroh, menjadi Tadabbur untuk hidup yang lebih baik.

Bukankah Tuhan Maha Baik? Maka pasti Dia suka pada orang baik…