InfoKeren.id, Wisata river tubing di Garut – Garut merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak tempat wisata alam. Mulai dari pantai, curug, pemandian air panas, pegunungan hingga tempat wisata yang memacu adrenalin semua tersedia lengkap di Garut.

Saat ini para wisatawan Garut dan dari luar kota sedang dimanjakan oleh wahana baru permainan air di sungai Cikaengan Kecamatan Banjarwangi. Sungai Cikaengan menawarkan dua wahana permainan air yang berbeda, yaitu river boarding dan river tubing.

River Boarding di Garut
River Boarding Cikaengan Banjarwangi

River boarding yaitu kegiatan rafting atau olahraga mengarungi arus sungai menggunakan papan seluncur dari bahan spons, olahraga ini terbilang ekstrem sehingga peserta akan dibekali alat-alat pelindung seperti helm, pelampung, protector dan sepatu karet serta didampingi para pemandu berpengalaman.

River boarding Cikaengan ini merupakan satu-satunya wisata river boarding di Garut. Dikembangkan oleh sekelompok pemuda yang tergabung dalam Jamparing (penjelajah alam dan pelestari lingkungan) pada Oktober 2016.

Wisata River Tubing di Garut 1
River tubing Cikaengan Banjarwangi, wisata water tubing favorit di Garut

Sedangkan river tubing Cikaengan adalah kegiatan mengarungi sungai Cikaengan menggunakan ban dalam bekas mobil. Cara mainnya peserta duduk sendiri di tengah lingkaran ban yang sudah dimodifikasi dengan memakai perlengkapan pengaman.

River tubing Cikaengan juga masih dikelola oleh Jamparing dan dikembangkan beberapa bulan setelah river boarding Cikaengan. Wisata air yang satu ini sangat seru dilakukan rame-rame, memberikan sensasi yang luar biasa terutama saat melewati jeram-jeram namun kamu jangan takut karena wisata arung jeram ini cukup aman bagi anak-anak, dewasa, laki-laki maupun perempuan.

River Tubing di Garut
Jejak Kecil Adventure Jakarta

River tubing Cikaengan merupakan salah satu wisata river tubing di Garut yang digemari wisatawan. Sebabnya karena debit air sungai Cikaengan cukup bersahabat, memiliki air yang bersih dari kotoran dan limbah, pemandunya ramah-ramah dan bikin pengunjung nyaman disertai udara sejuk dan sajian panorama mempesona yang disuguhkan alam Banjarwangi.

Berkat fasilitas media sosial, liputan televisi nasional, dukungan pemerintah, testimoni pengunjung dan upaya pengelola yang terus melakukan promosi, maka dalam waktu singkat kabar keseruan wisata river tubing di Garut ini sudah menyebar ke mana-mana.

Sehingga tidak heran bila setiap akhir pekan dan hari libur pengelola kewalahan melayani rombongan pengunjung yang datang dari berbagai kota. Bahkan tak jarang pengunjung harus sabar menunggu giliran.

River Tubing di Garut

Selama menunggu, pengunjung bisa duduk-duduk santai di pinggir sungai atau di hammock yang telah disediakan sambil menyaksikan pengunjung lainnya sedang menikmati sensasi jeram-jeram Cikaengan.

Sekali pengarungan biasanya terdiri atas 20 sampai 30 peserta. Pengunjung yang datang sendiri nantinya akan digabungkan dengan pengunjung lain sehingga pengunjung mendapat teman baru dan permainan pun akan lebih seru.

River Tubing di Garut Seru

Hebatnya, meskipun dalam sehari ada beberapa kali pengarungan, para pemandu tetap bersemangat melayani pengunjung sampai akhir. Mereka bergiliran melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

Tarif wisata river tubing di Garut

Pengelola river boarding dan tubing Cikaengan Banjarwangi menawarkan beberapa pilihan tarif, yaitu Rp. 35.000, Rp. 50.000,- dan Rp. 75.000,-. Semakin mahal tarifnya maka jarak pengarungan dan fasilitasnya pun semakin lengkap.

Tarif tersebut berlaku untuk hari-hari biasa, akhir pekan maupun hari libur.

Akses jalan dan transfortasi umum menuju Banjarwangi, lokasi river tubing di Garut

Akses jalan menuju tempat river tubing di Garut sudah cukup baik. Dari pusat kota Garut ke arah selatan, sejalur dengan arah pantai Santolo. Sebelum tebing alam Batu Tumpang, tepatnya di pertigaan Cigugur ambil jalur kiri.

Gerbang Masuk Menuju Banjarwangi lokasi river tubing di Garut
Gerbang masuk Kecamatan Banjarwangi di pertigaan Cigugur via IG @ibanjarwangi

Jika berangkat dari Tasikmalaya, Bandung atau Jakarta menggunakan kendaraan umum, silakan naik bus jurusan Garut. Dari terminal Guntur Garut naik elf jurusan Garut – Singajaya, berhenti di MTS. Al-Baqiyatussolihat tepat di pinggir jalan depan Cikaengan atau berhenti di Pasar Banjarwangi.

Jalan raya Banjarwangi menuju lokasi river tubing di Garut
Indahnya jalan menuju lokasi river tubing Cikaengan Banjarwangi via IG @fargila28
Jalan Hits Banjarwangi menuju river tubing di Garut
Jalan hits di menuju Banjarwangi via IG @retty.puspitasari97

Perjalanan dari pusat kota Garut sampai ke Banjarwangi membutuhkan waktu kurang lebih 2 – 2,5 jam berkendara. Mengingat jaraknya yang lumayan jauh dari pusat kota, sebelum berangkat sebaiknya kamu menghubungi pengelola untuk booking.

Jika akan berangkat rombongan start dari Tasik, Garut Kota, Bandung, Bekasi atau Jakarta dan kamu membutuhkan guide di perjalanan, pengelola akan mengarahkan kamu untuk merapat ke tim mereka yang ada di kota-kota tersebut.

Informasi kontak pengelola

  • Jamparing Banjarwangi
  • Basecamp MTs. Al-Baqiyatussolihat Banjarwangi
  • Telp/WA. 081221655265

Ingin mencoba keseruan river tubing di Garut? silakan ajak teman-teman kamu untuk memacu adrenalin di sungai Cikaengan Banjarwangi.