Infokeren.id, Mengaktifkan WhatsApp di komputer atau laptop bisa kita lakukan dengan sangat mudah, tanpa harus instal software ini itu.

WhatsApp atau disingkat WA, merupakan aplikasi yang cukup populer saat ini. WhatsApp memungkinkan penggunanya berkomunikasi dengan pesan singkat (mirip SMS), panggilan suara, video call, mengirim gambar atau video, membuat status dan menampilkan foto profil (mirip BBM) serta membuat group seperti facebook.

Tarif WhatsApp menggunakan quota internet, tidak seperti SMS atau telepon biasa. Pokoknya, WhatsApp memberikan kemudahan untuk berkomunikasi.

Aplikasi ini bisa dipasang di smartphone Android, iOS dan Windows Phone.  Aplikasi WhatsApp juga gratis, sehingga penggunanya sangat banyak.

Selain gratis dipasang di smartphone dan iPhone, kita juga bisa memasang WhatsApp di komputer dan laptop. Namun sedikit yang tahu cara menginstal WhatsApp di komputer.

Cara mengaktifkan WhatsApp di komputer

Sebelum mengaktifkan WA di komputer, terlebih dahulu aktifkan WhatsApp di smartphone Android, iOS atau Windows Phone. Kemudian pastikan komputer dan smartphone terhubung ke internet.

Silakan buka laman https://web.whatsapp.com di komputer atau laptop. Tunggu sampai muncul layar seperti di bawah ini.

Cara mengaktifkan WhatsApp di komputer

Setelah muncul layar seperti gambar di atas, kemudian aktifkan WhatsApp di smartphone untuk memindai barcode.

Sentuh gambar titik-titik (menu) di sudut kanan atas, lalu klik WhatsApp Web. Akan muncul tampilan seperti gambar berikut.

Cara menginstal WhatsApp di komputer

Klik tanpa + (plus) di sudut kanan atas (di samping tulisan WhatsApp Web). Setelah itu akan muncul kamera pemindai, kemudian pindai barcode di komputer/laptop.

Kalau proses pemindaian barcode berhasil, aplikasi WhatsApp akan aktif di komputer dengan akun yang sama dengan akun WhatsApp di smartphone. Selesai.

Mengaktifkan WA di komputer

Sekarang kamu sudah bisa menggunakan WhatsApp di komputer. Tampilannya lebih lebar dan kapasitas penyimpanannya pun lebih besar dibandingkan di smartphone.

Keuntungan mengaktifkan WhatsApp di komputer, selain memiliki tampilan dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, yaitu pengetikan pesan lebih cepat (bisa 10 jari), dan juga bisa menghemat pembelian kartu perdana kuota internet karena bisa berbagi pakai paket data.

Kelemahannya, dengan cara ini smartphone harus tetap terhubung ke internet. Kalau koneksi internet di smartphone terputus, maka sambungan WhatsApp di desktop pun akan terputus.

Demikianlah cara mudah mengaktifkan WhatsApp di komputer atau laptop. Semoga tips ini bermanfaat. Yuk gunakan teknologi secara bijak untuk hal-hal positif. Terima kasih.

BAGIKAN
Husni Cahya Gumilar
Pendiri & CEO INFOKEREN.ID, sebuah media online edukatif di Indonesia.