Infokeren.id, Menyembunyikan tanggal lahir di Facebook agar hari ulang tahun kita tidak diketahui orang lain (teman Facebook).

Sebagai media sosial terbesar dan paling banyak pengguna, Facebook memiliki fitur yang sangat lengkap. Salah satunya adalah fitur pemberitahuan hari ulang tahun. Facebook mengetahui hari ulang tahun pengguna karena saat mendaftar, pengguna harus mengisi data tanggal, bulan dan tahun lahir.

Sebagian pengguna, biasanya dari kalangan remaja, menggunakan fitur pemberitahuan hari ulang tahun di Facebook. Tapi sebagian lagi, lebih suka menyembunyikan tanggal lahir agar hari ulang tahunnya tidak diketahui akun teman Facebook.

Mau menampilkan atau menyembunyikan tanggal lahir di Facebook, bukan masalah. Tergantung selera masing-masing.

Nah, buat kamu yang ingin menyembunyikan tanggal lahir di Facebook, begini caranya:

Cara menyembunyikan tanggal lahir di Facebook

  1. Login ke Facebook, lalu buka profil pribadi.
  2. Klik Tentang (di samping Kronologi).
  3. Klik Info Kontak dan Dasar.
  4. Cari Informasi Umum, lalu klik Sunting pada menu tanggal lahir.
  5. Silakan ganti privacy-nya menjadi Hanya Saya. Dengan begitu, tidak akan ada akun Facebook yang mengetahui tanggal lahir di Facebookmu.

Selain untuk menyembunyikan tanggal dan bulan kelahiran di Facebook, cara di atas juga untuk mengganti setelah tanggal, bulan dan tahun lahir di Facebook.

Baca juga: Membuka Facebook Tampilan Komputer di HP Android

Berapa usia minimal untuk membuat akun Facebook?

Batas usia minimal pendaftaran Facebook adalah 13 tahun. Namun pada kenyataannya banyak anak di bawah umur 13 tahun mendaftar Facebook dengan tanggal lahir palsu. Facebook sendiri belum bisa mendeteksi apakah tanggal lahir yang dimasukkan pengguna saat mendaftar itu asli atau palsu.

Di luar syarat usia minimal pada sistem registrasi Facebook, Psikolog anak dan remaja dari Yayasan Pulih Ika Putri Dewi, menjelaskan bahwa di Indonesia yang dikategorikan masuk usia anak adalah mereka yang berusia nol sampai 18 tahun.

“Ini terkait kematangan emosi dan berpikir. Usia 18 tahun itu sudah cukup matang untuk menggunakan medsos dengan bijak,” jelasnya dilansir Republika.co.id (14/3/2016).

BAGIKAN
Husni Cahya Gumilar
Pendiri & CEO INFOKEREN.ID, sebuah media online edukatif di Indonesia.