Infokeren.id, Cara mendapat DP kredit rumah dari BPJS Ketenagakerjaan. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan memberikan fasilitas uang muka kredit perumahan dan pinjaman renovasi rumah. Fasilitas ini merupakan manfaat layanan tambahan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Cara mendapat DP rumah dengan BPJS Ketenagakerjaan

Cara mendapat DP kredit rumah dari BPJS Ketenagakerjaan

Untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan uang muka kredit rumah dari BPJS Ketenagakerjaan, syarat adalah

  1. Harus terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan selama setahun.
  2. Peserta belum memiliki rumah, artinya ini kredit rumah pertama.
  3. Perusahaan tempat bekerja harus tertib administrasi dan tepat membayar iuran.
  4. Perusahaan tempat bekerja tidak berstatus perusahaan daftar sebagian (PDS) upah maupun tenaga kerja.

Sementara untuk syarat pinjaman renovasi rumah adalah:

  1. Rumah harus atas nama peserta itu sendiri.
  2. Peserta yang mengajukan pinjaman telah lolos verifikasi kredit dari bank penyalur yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk penyaluran fasilitas pinjaman uang muka rumah dan pinjaman renovasi rumah, BPJS Ketenagakerjaan telah bekerjasama dengan BTN.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto menyebutkan kedepannya BPJS Ketenagakerjaan akan bekerjasama dengan seluruh bank pemerintah, termasuk bank pemerintah daerah.

Prosedur pengajuan pinjaman uang muka rumah dan renovasi dengan BPJS Ketenagakerjaan

Untuk prosedur pengajuan fasilitas pinjaman DP rumah dan renovasi via BPJS Ketenagakerjaan caranya yaitu peserta mengajukan fasilitas KPR, uang muka perumahan (PUMP) atau renovasi perumahan (PRP) ke BTN/ bank kerjasama dengan menyertakan copy bukti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Selanjutnya, BTN/ bank kerjasama akan melakukan verifikasi dan BI checking. Setelah lolos verifikasi, bank akan melanjutkan permohonan peserta ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan untuk dilakukan verifikasi kepesertaan.

Terakhir, Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan akan mengirim formulir persetujuan kepada BTN. Jika dalam formulir itu peserta dinyatakan lolos verifikasi kepesertaan, maka permohonan kredit pembiayaan, DP rumah atau renovasi akan diproses. Namun sebaliknya, jika hasil verifikasi kepesertaan di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan peserta dinyatakan tidak lolos, maka pengajuan kreditnya akan ditolak oleh bank.

Bagaimana, syarat dan cara mendapat DP rumah dengan BPJS Ketenagakerjaan cukup mudah bukan?