Infokeren.id, Cara download foto dari Instagram di PC (personal computer) atau laptop ternyata sangat mudah. Hanya saja jarang sekali pengguna yang mengetahuinya, karena saat foto di instagram diklik atau diklik kanan kita tidak menemukan link download.

Untuk mendownload foto dari Instagram di PC kita hanya perlu mencari link/ URL foto tersebut. Setelah URL foto ketemu, selanjutnya kita tinggal klik kanan di foto Instagram tersebut lalu simpan atau salin foto Instagram ke harddisk.

Jika masih bingung bagaimana langkah-langkahnya, berikut ini cara mudah download foto dari Instagram di PC atau laptop.

Silakan buka foto di Instagram yang akan diunduh. Misalnya saya akan download sebuah foto dari akun @riverboardingbanjarwangi.

Cara download foto dari instagram di PC

Setelah fotonya terbuka, selanjutnya kita harus mencari URL atau link foto tersebut. Nah untuk mencari link foto Instagram bisa melalui 2 cara, yaitu:

Cara pertama

  • Langsung tekan CTRL + U (di keyboard), browser akan menampilkan tab baru berisi baris kode html. Cari kode “<meta property=”og:image” content” (untuk memudahkan pencarian kode, bisa menggunakan CTRL + F.

Cara download foto dari instagram di PC atau laptop

  • Copy link foto (lihat link diblok warna biru), pastekan di tab browser baru.
  • Klik kanan di gambar, pilih save image as atau copy image.

Cara download foto dari Instagram

Cara kedua

  • Klik kanan pada foto yang akan didownload, pilih Inspect atau langsung tekan CTRL + Shift + I di keyboard.

Cara download foto dari instagram di laptop

  • Akan muncul baris html di samping gambar, lalu tekan CTRL+F, kemudian copy paste caption foto.
  • Akan muncul caption di baris html dengan backround warna kuning, di bawahnya terdapat link warna biru. Untuk meyakinkan apakah link tersebut benar link foto yang akan didownload, silakan arahkan terlebih dahulu kursor ke link tersebut. Di bawah link akan menampilkan foto yang sesuai dengan foto Instagram di sebelah kiri (yang akan didownload tadi). Silakan copy link tersebut, buka di tab baru.
  • Klik kanan di gambar, pilih save image as atau copy image.

Dengan melakukan cara di atas, kita bisa mengunduh foto dari Instagram secara utuh sesuah ukuran file foto yang diupload oleh pemilihnya. Beda halnya dengan mengcopy foto Instagram dengan cara print screen/ screen shot. Foto tidak akan utuh 100%.

Apabila foto yang kita download dari akun Instagram milik orang lain dan akan digunakan untuk ilustrasi di blog, maka sebaiknya sertakan link atau nama akun pemiliknya sebagai pengakuan hak cipta.

Demikianlah cara mudah download foto dari Instagram di PC atau laptop. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

BAGIKAN
Husni Cahya Gumilar
Pendiri & CEO INFOKEREN.ID, sebuah media online edukatif di Indonesia.