Infokeren.id, Arah buka spion motor Honda, Yamaha dan Kawasaki memiliki perbedaan. Ada yang searah jarum jam, ada juga yang berlawanan arah jarum jam. Oleh karena itu, sebelum membuka spion motor sebaiknya kamu tahu dulu arah putar batang spionnya ke mana agar terhindar dari resiko kerusakan ulir.

Desain spion tiap pabrikan memang berbeda, jadi sebelum kamu membeli spion baru harus menyebutkan nama dan jenis motornya agar pas saat dipasang di motor kamu.

Faktanya; beda pabrikan beda juga arah ulir pemasangan spion.

Mau tahu?

Baiklah, simak penjelasan singkat cara buka spion motor berikut ini.

Arah buka spion motor honda

Cara buka spion motor Honda dan Kawasaki

Motor Honda dan Kawasaki memiliki kesamaan arah pasang spion, yaitu searah jarum jam untuk pemasangan dan berlawanan arah jarum jam untuk membukanya.

Baik batang spion kiri maupun kanan, cara memasang dan membukanya sama. Sehingga kedua merek motor ini bisa menggunakan spion yang sama. Ukuran mur 14 mm. Sementara untuk ulir atau bagian dalam 12 mm.

Cara ganti spion motor Yamaha

Berbeda dengan motor Honda dan Kawasaki, membuka spion motor Yamaha sebelah kanan diputar berlawanan arah jarum jam, sedangkan sebelah kiri searah dengan jarum jam dan menggunakan baut 14 mm.

Untuk cara pasang atau ganti spion, baik motor Honda, Kawasaki atau Yamaha, kami tinggal putar ke arah yang berlawanan dari arah buka. Cukup mudah bukan?

Yang harus kamu ingat, kaca spion motor sebaiknya tetap terpasang karena kaca spion sangat berguna bagi kamu saat berkendara. Dengan memasang kaca spion motor, kamu dapat melihat kendaraan yang ada di belakang kamu sehingga dapat terhindar dari resiko kecelakaan.

Saat kamu mau menyeberang pun kaca spion sangat berguna, kamu tak perlu lihat ke belakang. Cukup nyalakan lampu sen dan lihat kaca spion. Coba bayangkan jika motor kamu tidak memakai kaca spion, ketika mau menyeberang harus melirik ke belakang sementara kendaraan di depan tidak diperhatikan. Kondisi ini bisa menyebabkan tabrakan atau kena senggol. Selain tua, jika berkendara tanpa memakai kaca spion, kamu bisa tilang lho.

Demikianlah, semoga tips cara ganti spion ini bermanfaat.