Halo sobat, pernahkah komputer kamu terinfeksi virus? Jika pernah pasti sangat menjengkelkan bukan?

Dan bagi kamu yang pernah komputernya terinfeksi virus pasti kamu sudah tidak ingin sampai komputer kamu terinfeksi oleh virus lagi bukan?

Maka dari itu kamu install Antivirus A, B, atau C? Agar komputer kamu tidak terinfeksi virus lagi.

Tapi perlu kamu ketahui sobat,  install antivirus saja ternyata tidak cukup. Diperlukan upaya pencegahan atau preventif lainnya yang perlu kamu lakukan agar virus-virus yang ada tidak meninfeksi komputer kamu.

Lalu apa yang harus di lakukan untuk mencegah virus agar tidak menginfeksi komputer?

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah agar virus tidak menginfeksi komputer kamu.

Apa sajakah itu?

1. Gunakan dan aktifkan selalu firewall komputermu

Salah satu media penyebaran virus yang paling besar adalah internet dan dari aplikasi. Firewall befungsi sebagai tembok yang membatasi komputermu dari koneksi luar dan aplikasi. Jadi sebelum koneksi dari luar (seperti internet) dan aplikasi berhubungan dengan komputermu ia harus melewati firewall terlebih dahulu.

Jadi akan menghalangi virus menginfeksi komputermu karena ada dinding yang menghalangi.

Windows sendiri sudah menyediakan aplikasi firewall ini yang bernama windows firewall dan sudah secara otomatis terinstall dan aktif di komputermu.

Namun kebanyakan orang lebih memilih untuk menonaktifkan windows firewall karena dianggap mengganggu karena biasanya windows firewall akan memblok situs situs di internet dan aplikasi yang kurang terpercaya yang ingin pemilik komputer kunjungi atau install.

Semua terserah kepadamu mau diaktifkan atau tidak? tapi saran saya lebih baik diaktifkan. Demi keamanan komutermu dari virus.

11 Cara Mudah Mencegah Virus Menginfeksi Komputer Kamu

2. Selalu update antivirus

Kebanyakan orang berpikir setelah mereka menginstall antivirus mereka tinggal meggunakannya secara terus menerus tanpa melakukan update antivirus mereka.

Apakah kamu termasuk orang yang berpikir demikian?

Jika ya maka kamu perlu mengubah pemikiran itu. Kenapa ?

Karena setiap harinya ada virus-virus jenis baru yang di buat atau dimodifikasi dari virus sebelumnya yang mungkin tidak bisa diatasi oleh antivirus A, B, C atau D karena belum pernah menjumpai virus seperti itu. Maka untuk mengatasinya perlu melakukan update

Biasanya beberapa perusahaan antivirus melakukan update produknya setiap jangka waktu tertentu agar produknya bisa mengatasi virus-virus yang baru.

Jadi updatelah antivirusmu setiap perusahaan antivirus yang kamu gunakan merilis update produknya.

3. Melakukan scanning kepada setiap perangkat penyimpanan mobile 

Salah satu media penyebaran virus yang efektif adalah melalui media penyimpanan mobile seperti flashdisk, eksternal harddisk dan media penyimpanan mobile lainnya.

Karena sering digunakan di banyak komputer jadi peluang media penyimpanan tersebut terdapat virus di dalamnya sangatlah besar. Jadi cara terbaik agar komputer itu tidak terinfeksi oleh virus adalah dengan melakukan scanning setiap kali kita memasang media penyimpanan tersebut ke komputer kita. Jadi apabila diketahui ada virus di dalamnya kita bisa melakukan tindakan lebih lanjut agar virus tersebut tidak masuk dan menginfeksi komputer kita.

4. Gunakan aplikaasi penunjang antivirus

Antivirus memang sudah cukup bagus untuk  menghalau komputer terinfeksi virus. Namun akan lebih baik lagi jika antivirus didukung oleh aplikasi penunjang antivirus seperti Deep Freeze mislnya.

Dengan menggunakan deep freez maka setelah kita mematikan komputer kita, semua perubahan yang terjadi ketika komputer digunakan  akan kembali seperti kondisi semula seperti komputer pertama kali dinyalakan.

Dengan begini maka virus-virus yang ada akan kesulitan untuk menginfeksi komputer kamu karena perubahan yang mereka lakukan setelah komputer dimatikan atau restart akan kembali ke kondisi semula lagi.

Ibarat kata yang virus-virus itu lakukan adalah hal yang percuma. hehe

5. Mengatur Logon User

Kita biasanya suka login komputer dengan menggunakan administrator karena mempunyai wewenang yang banyak seperti mengubah program dan pengaturan yang ada.

Nyaman memang, tapi jika komputer kita terinfeksi oleh virus maka ini akan menjadi berbahaya karena jika komputer kita terinfeksi oleh virus dan mereka berhasil membajak komputer kita karena posisi kita log on sebagai administrator maka mereka bisa melakukan apapun semau mereka.

Namun lain cerita jika kita logon sebagai user biasa bukan administrator maka jika mereka berhasil membajak komputer kita, mereka tidak bisa melakukan banyak hal karena posisinya yang hanya sebagai user.

Jadi buatlah versi Administrator dan User biasa di komputer kamu. Gunakan Aministrator jika memang diperlukan untuk melakukan perubahan tertentu dan gunakan  versi User biasa bila tidak ingin mengubah apapun alias penggunaan normal.

Itu tadi beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah komputermu terinfeksi oleh virus-virus yang ada. Tidak banyak yang bisa saya berikan tapi semoga bisa bermanfaat buat kamu. Terima kasih

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

BAGIKAN
Rendy Alviyanto
Seorang blogger pemula yang fokus Ngeblog di www.roadkom.com